Labels

Wednesday, October 22, 2014

Prosedur Hibernate


A. Pengantar
Ketika kita dapat menyelesaikan tugas di komputer, sangat penting bagi kita untuk menyimpan semua data yang kita kerjakan. Namun, kalau tugas tak kunjung selesai, bagaimana? Sementara itu, ada hal lain yang harus kita lakukan segera! Solusinya adalah prosedur hibernate.


B. Prosedur Hibernate
Prosedur hibernate adalah suatu prosedur yang disiapkan Microsoft Windows bagi pengguna Windows 7 untuk memberikan instruksi pada sistem operasi Windows 7 agar menyimpan semua isi RAM ke dalam harddisk, kemudian mematikan komputer secara otomatis.

Prosedur ini dapat kita lakukan jika kita ingin meninggalkan pekerjaan yang belum selesai dan akan melanjutkannya kembali dalam beberapa jam kemudian. Itu artinya, pada saat komputer dihidupkan kembali, Windows secara otomatis akan menampilkan pekerjaan kita di layar monitor. Bagaimana bisa?

Pada saat kita menghidupkan komputer, proses booting Windows akan menampilkan proses Resuming Windows. Pada saat itu, Windows akan mengambil isi RAM yang pernah disimpan di harddisk dan meletakkan kembali di RAM sehingga Windows bisa memunculkan kembali ke layar monitor.

Perlu diingat, RAM berfungsi menyimpan data sementara, sedangkan harddisk berfungsi menyimpan data permanen. Betul. Betul. Betul.


C. Langkah-Langkah


Berikut ini penjelasan langkah-langkahnya.
  1. Klik tombol Start untuk memulai prosedur.
  2. Gulir pointer ke kanan atas ke bagian "Shut dawn" » Klik tombol End of proof.
  3. Klik Hibernate di kotak dialog Shut down Windows.
  4. Tunggu beberapa saat sampai komputer benar-benar off. Jika komputer dihidupkan kembali, maka Windows akan menampilkan pekerjaan yang kita tinggalkan di dekstop komputer. Tidak ada salahnya mencoba!
Semoga bermanfaat.


Happy blogging!

Ibnu Kahfi




No comments:

Post a Comment